-->

Pelaksanaan Dan Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah 2015

Informasi dari BPSDMPK - PMP Kemdikbud dan LPMP akan dilaksanakan acara Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015. 

Adapun Surat Edaran resmi wacana acara Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas akan segera menyusul diterbitkan. Berkaitan dengan hal tersebut, dihimbau bagi seluruh sekolah negeri/swasta naungan Kemdikbud se-Indonesia untuk memutakhirkan data Kepala Sekolah dan Pengawas di PADAMU NEGERI selambatnya 4 Maret 2015 sebagai dasar penetapan calon peserta Uji Kompetensi dimaksud. 

Adapun kisi-kisi UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH ialah sebagai berikut

Tabel: KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

DIMENSI
KOMPETENSI
INDIKATOR
Manajerial
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk banyak sekali tingkatan perencanaan
1)    Merumuskan visi sekolah/ madrasah
2)    Membedakan rumusan visi dan misi
3)    Merumuskan misi sekolah/ madrasah
4)    Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/ madrasah
5)    Merumuskan tujuan sekolah/ madrasah
6)    Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/ madrasah
7)    Menyusun planning kerja sekolah/ madrasah
8)    Menyusun perencanaan penilaian jadwal sekolah/  madrasah
9)    Mengarahkan perencanaan penilaian program

Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
ü  Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan bahaya sekolah/madrasah
ü  Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program

Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang aman dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
ü  Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
ü  Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
ü  Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar

Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya insan secara optimal
ü  Menganalisis kebutuhan guru dan staf
ü  Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
ü  Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
ü  Menerapkan prinsip penghargaan dan pelatihan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf

Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal
ü  Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
ü  Menganalisis kebijakan jadwal tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
ü  Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
ü  Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan

Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik
ü  Menyeleksi peserta didik gres (PPDB)
ü  Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
ü  Melaksanakan orientasi peserta didik gres yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
ü  Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat

Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien
ü  Menyusun RKAS
ü  Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
ü  Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)

Mengelola ketatausahaan sekolah/ madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah
ü  Membuat daftar urut kepangkatan pegawai menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah

Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan jadwal acara sekolah/madrasah dengan mekanisme yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya
ü  Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
ü  Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan penilaian jadwal sekolah/madrasah
Usaha Pengembangan Sekolah
Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
ü  Menganalisis kiprah dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
ü  Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis kiprah dan fungsi Melaksanakan rincian kiprah dan fungsi pengembangan struktur organisasi
ü  Mengevaluasi keterlaksanaan kiprah dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi

Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
ü  Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
ü  Mengembangkan suasana mencar ilmu yang aman bagi seluruh warga sekolah/madrasah
ü  Merumuskan prinsip-prinsip penilaian pengembangan perangkat organisasi pembelajar

Mengelola hubungan sekolah/ madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian pemberian ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah
ü  Menggali bentuk pemberian masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
ü  Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
ü  Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan

Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
ü  Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
ü  Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
ü  Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
ü  Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan

Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung acara pembelajaran acara peserta didik di sekolah/madrasah
ü  Merumuskan tujuan layanan khusus
ü  Menyusun jadwal unit layanan khusus sekolah
ü  Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan abjad di sekolah
ü  Mengevaluasi jadwal unit layanan khusus sekolah

Mengelola sistem gosip pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan jadwal dan pengambilan keputusan
ü  Menyusun jadwal Sistem Informasi Sekolah (SIS)
ü  Meningkatkan kiprah warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
ü  Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan

Memanfaatkan kemajuan teknologi gosip bagi peningkatan pembelajaran dan administrasi sekolah/madrasah
ü  Menerapkan pemanfaatan teknologi gosip dalam pengolahan data
ü  Menerapkan pemanfaatan teknologi gosip dalam penyampaian gosip sekolah Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
ü  Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT
Kepemimpinan Pembelajaran
Mengembangkan seni administrasi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
ü  Memecahkan problem peningkatan prestasi belajar.
ü  Melaksanakan jadwal peningkatan prestasi belajar.
ü  Menilai pelaksanaan jadwal peningkatan prestasi belajar.

Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan aman di sekolah semoga hasil mencar ilmu siswa sanggup mencapai sasaran optima
ü  Menganalisis lingkungan mencar ilmu yang aman
ü  Mendukung iklim pembelajaran akademis
ü  Memaksimalkan penyesuaian positif seluruh warga sekolah semoga menjadi komunitas pembelajar

Melibatkan pemangku kepentingan dalam menuntaskan permasalahan pembelajaran
ü  Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
ü  Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melaksanakan hal yang terbaik
ü  Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran

Melibatkan pemangku kepentingan dalam menuntaskan permasalahan pembelajaran
ü  Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan kiprah dan tanggung jawabnya
ü  Memfasilitasi warga sekolah untuk melaksanakan eksperimentasi, prakarsa budpekerti dan hal-hal gres dalam pembelajaran

Meningkatkan hasil mencar ilmu warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
ü  Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
ü  Memaksimalkan kiprah organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah
Kewirausahaan
Menciptakan penemuan yang mempunyai kegunaan bagi pengembangan sekolah/ madrasah
ü  Merancang penemuan untuk pengembangan sekolah/ madrasah
ü  Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
ü  Merancang seni administrasi dalam membangun budaya kerja keras
ü  Menerapkan seni administrasi untuk membangun budaya kerja keras
ü  Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekola

Memiliki motivasi yang berpengaruh untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
ü  Menunjukkan keinginan yang berpengaruh untuk sukses
ü  Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai sasaran yang ditetapkan

Pantang mengalah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi hambatan yang dihadapi sekolah/ madrasah
ü  Memperhitungkan risiko yang muncul akhir upaya yang dilakukan
ü  Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi hambatan yang dihadapi sekolah

Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola acara produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber mencar ilmu peserta didik
ü  Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
ü  Menggunakan peluang untuk memaksimalkan acara sekolah
Supervisi
Merencanakan jadwal supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
ü  Menyusun jadwal supervisi akademik
ü  Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
ü  Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan penilaian pembelajaran
ü  Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
ü  Menyusun mekanisme monitoring dan penilaian supervisi akademik Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)

Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan memakai pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
ü  Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan problem faktual yang dihadapi oleh guru
ü  Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam acara supervisi menurut prinsip-prinsip supervisi akademik
ü  Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang sempurna dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
ü  Memecahkan problem pengembangan pembelajaran supervisi akademik
ü  Menggunakan teknologi gosip untuk mendukung keefektifan supervisi akademik

Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
ü  Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
ü  Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil eksklusif (output) supervisi akademik
ü  Melakukan analisis hasil penilaian untuk kepentingan tindak lanjut
ü  Mengembangkan jadwal tindak lanjut menurut hasil penilaian supervisi akademik
ü  Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

===============================


= Baca Juga =



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel