Pelaksanaan Dan Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah 2015
1:39 AM
Edit
Informasi dari BPSDMPK - PMP Kemdikbud dan LPMP akan dilaksanakan acara Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015.
Adapun Surat Edaran resmi wacana acara Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas akan segera menyusul diterbitkan. Berkaitan dengan hal tersebut, dihimbau bagi seluruh sekolah negeri/swasta naungan Kemdikbud se-Indonesia untuk memutakhirkan data Kepala Sekolah dan Pengawas di PADAMU NEGERI selambatnya 4 Maret 2015 sebagai dasar penetapan calon peserta Uji Kompetensi dimaksud.
Adapun kisi-kisi UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH ialah sebagai berikut
Tabel: KISI-KISI UJI KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DIMENSI | KOMPETENSI | INDIKATOR |
Manajerial | Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk banyak sekali tingkatan perencanaan | 1) Merumuskan visi sekolah/ madrasah 2) Membedakan rumusan visi dan misi 3) Merumuskan misi sekolah/ madrasah 4) Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/ madrasah 5) Merumuskan tujuan sekolah/ madrasah 6) Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/ madrasah 7) Menyusun planning kerja sekolah/ madrasah 8) Menyusun perencanaan penilaian jadwal sekolah/ madrasah 9) Mengarahkan perencanaan penilaian program |
Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal | ü Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan bahaya sekolah/madrasah ü Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program | |
Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang aman dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik | ü Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. ü Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik ü Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar | |
Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya insan secara optimal | ü Menganalisis kebutuhan guru dan staf ü Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki ü Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan ü Menerapkan prinsip penghargaan dan pelatihan untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf | |
Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal | ü Menganalisis kebutuhan sarana prasarana ü Menganalisis kebijakan jadwal tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana ü Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah ü Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan | |
Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik | ü Menyeleksi peserta didik gres (PPDB) ü Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif ü Melaksanakan orientasi peserta didik gres yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan ü Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat | |
Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien | ü Menyusun RKAS ü Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel ü Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS) | |
Mengelola ketatausahaan sekolah/ madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/ madrasah | ü Membuat daftar urut kepangkatan pegawai menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah | |
Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan jadwal acara sekolah/madrasah dengan mekanisme yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya | ü Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah ü Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan penilaian jadwal sekolah/madrasah | |
Usaha Pengembangan Sekolah | Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan | ü Menganalisis kiprah dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif ü Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis kiprah dan fungsi Melaksanakan rincian kiprah dan fungsi pengembangan struktur organisasi ü Mengevaluasi keterlaksanaan kiprah dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi |
Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif | ü Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar ü Mengembangkan suasana mencar ilmu yang aman bagi seluruh warga sekolah/madrasah ü Merumuskan prinsip-prinsip penilaian pengembangan perangkat organisasi pembelajar | |
Mengelola hubungan sekolah/ madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian pemberian ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/ madrasah | ü Menggali bentuk pemberian masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan ü Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah ü Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan | |
Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional | ü Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi ü Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses ü Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian ü Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan | |
Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung acara pembelajaran acara peserta didik di sekolah/madrasah | ü Merumuskan tujuan layanan khusus ü Menyusun jadwal unit layanan khusus sekolah ü Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan abjad di sekolah ü Mengevaluasi jadwal unit layanan khusus sekolah | |
Mengelola sistem gosip pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan jadwal dan pengambilan keputusan | ü Menyusun jadwal Sistem Informasi Sekolah (SIS) ü Meningkatkan kiprah warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) ü Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan | |
Memanfaatkan kemajuan teknologi gosip bagi peningkatan pembelajaran dan administrasi sekolah/madrasah | ü Menerapkan pemanfaatan teknologi gosip dalam pengolahan data ü Menerapkan pemanfaatan teknologi gosip dalam penyampaian gosip sekolah Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT ü Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT | |
Kepemimpinan Pembelajaran | Mengembangkan seni administrasi dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan | ü Memecahkan problem peningkatan prestasi belajar. ü Melaksanakan jadwal peningkatan prestasi belajar. ü Menilai pelaksanaan jadwal peningkatan prestasi belajar. |
Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan aman di sekolah semoga hasil mencar ilmu siswa sanggup mencapai sasaran optima | ü Menganalisis lingkungan mencar ilmu yang aman ü Mendukung iklim pembelajaran akademis ü Memaksimalkan penyesuaian positif seluruh warga sekolah semoga menjadi komunitas pembelajar | |
Melibatkan pemangku kepentingan dalam menuntaskan permasalahan pembelajaran | ü Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran ü Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melaksanakan hal yang terbaik ü Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran | |
Melibatkan pemangku kepentingan dalam menuntaskan permasalahan pembelajaran | ü Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan kiprah dan tanggung jawabnya ü Memfasilitasi warga sekolah untuk melaksanakan eksperimentasi, prakarsa budpekerti dan hal-hal gres dalam pembelajaran | |
Meningkatkan hasil mencar ilmu warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan | ü Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan ü Memaksimalkan kiprah organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah | |
Kewirausahaan | Menciptakan penemuan yang mempunyai kegunaan bagi pengembangan sekolah/ madrasah | ü Merancang penemuan untuk pengembangan sekolah/ madrasah ü Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah |
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif | ü Merancang seni administrasi dalam membangun budaya kerja keras ü Menerapkan seni administrasi untuk membangun budaya kerja keras ü Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekola | |
Memiliki motivasi yang berpengaruh untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah | ü Menunjukkan keinginan yang berpengaruh untuk sukses ü Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai sasaran yang ditetapkan | |
Pantang mengalah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi hambatan yang dihadapi sekolah/ madrasah | ü Memperhitungkan risiko yang muncul akhir upaya yang dilakukan ü Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi hambatan yang dihadapi sekolah | |
Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola acara produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber mencar ilmu peserta didik | ü Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah ü Menggunakan peluang untuk memaksimalkan acara sekolah | |
Supervisi | Merencanakan jadwal supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru | ü Menyusun jadwal supervisi akademik ü Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik. ü Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan penilaian pembelajaran ü Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif ü Menyusun mekanisme monitoring dan penilaian supervisi akademik Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output) |
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan memakai pendekatan dan teknik supervisi yang tepat | ü Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan dan problem faktual yang dihadapi oleh guru ü Membangun hubungan dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam acara supervisi menurut prinsip-prinsip supervisi akademik ü Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang sempurna dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik ü Memecahkan problem pengembangan pembelajaran supervisi akademik ü Menggunakan teknologi gosip untuk mendukung keefektifan supervisi akademik | |
Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru | ü Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome) ü Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil eksklusif (output) supervisi akademik ü Melakukan analisis hasil penilaian untuk kepentingan tindak lanjut ü Mengembangkan jadwal tindak lanjut menurut hasil penilaian supervisi akademik ü Menentukan langkah-langkah supervisi klinis |