Model Pembelajaran Berbasis Dilema (Problem Based Intructional)
10:56 AM
Edit
Problem Based Intructional atau PBI berlandaskan pada psikologi kognitif. Fokus pengajaran tidak begitu menekankan kepada apa yang sedang dilakukan siswa (perilaku siswa) melainkan kepada apa yang mereka pikirkan (kognisi) pada dikala mereka melaksanakan kegiatan itu. Oleh alasannya yaitu itu kiprah utama guru pada PBI yaitu membimbing dan memfasilitasi sehingga siswa sanggup berguru berfikir dan memecahkan dilema oleh mereka sendiri.
PBI dilandasi oleh tiga pikiran ahli, yaitu sebagai berikut :
1. John Dewey dan kelas Demokrasi
Akar intelektual pembelajaran PBI yaitu penelitian John Dewey. Dalam tulisannya yang berjudul Demokrasi dan Pendidikan (1916), Dewey mengemukakan pandangan bahwa sekolah seharusnya mencerminkan masyarakat yang lebih besar dan kelas merupakan laboratorium untuk pemecahan dilema yang ada dalam kehidupan nyata. Dewey menganjurkan supaya guru memberi dorongan kepada siswanya terlibat dalam proyek atau tugas-tugas berorientasi dilema dan membantu mereka menyelidiki masalahnya.
Kill Patrick (1918) mengemukakan bahwa pembelajaran di sekolah seharusnya bermanfaat dan tidak abstrak. Agar pembelajaran itu bermanfaat serta nyata, seharusnya siswa terlibat merampungkan proyek yang menarik dan merupakan pilihan mereka sendiri.
Kill Patrick (1918) mengemukakan bahwa pembelajaran di sekolah seharusnya bermanfaat dan tidak abstrak. Agar pembelajaran itu bermanfaat serta nyata, seharusnya siswa terlibat merampungkan proyek yang menarik dan merupakan pilihan mereka sendiri.
2. Piaget, Vygotsky dan Kontruktivisme
Piaget menjelaskan bahwa anak kecil mempunyai rasa ingin tahu bawaan dan secara terus –menerus berusaha memahami dunia sekitarnya. Rasa ingin tahu ini berdasarkan Piaget, memotivasi mereka untuk aktif membangun pemahaman mereka wacana lingkungan yang mereka hayati. PBI dikembangkan berdasarkan kepada teori Piaget ini.
3. Bruner dan Pembelajaran Penemuan
Teori pendukung penting yang dikemukakan oleh Bruner terhadap PBI yaitu pembelajaran penemuan. Pembelajaran inovasi yaitu suatu model pengajaran yang menekankan pentingnya membantu siswa memahami struktur/ide kunci dari suatu disiplin ilmu. Bruner yakin pentingnya siswa terlibat di dalam pembelajaran dan ia meyakini bahwa pembelajaran yang terjadi sebetulnya melalui inovasi pribadi.
Menurut Bruner tujuan pendidikan tidak hanya meningkatkan banyaknya pengetahuan siswa tetapi juga membuat kemungkinan-kemungkinan untuk inovasi siswa.
Pembelajaran ini diterapkan dalam sains dan ilmu sosial, dikenal dengan daypikir induktif dan proses-proses inkuiri yang merupakan ciri metode ilmiah. Konsep lain Bruner yaitu scaffoding yang didefinisikan sebagai seseorang siswa dibantu merampungkan dilema tertentu melampaui kapasitas perkembangannya melalui santunan dari seorang guru atau orang lain yang mempunyai kemampuan lebih.
Pembelajaran ini diterapkan dalam sains dan ilmu sosial, dikenal dengan daypikir induktif dan proses-proses inkuiri yang merupakan ciri metode ilmiah.
Ciri-ciri Model Pembelajaran Problem Based Intructional (PBI)
Ciri utama PBI meliputi mengorientasikan siswa kepada dilema atau pertanyaan yang autentik, multidisiplin, menuntut kerjasama dalam penyelidikan dan menghasilkan karya. Dengan demikian secara terinci ciri PBI yaitu sebagai berikut :
1. Mengorientasikan siswa kepada dilema autentik. Pada tahap ini guru menyusun skenario yang sanggup menarik perhatian siswa, sekaligus memunculkan pertanyaan yang benar-benar nayat di lingkungan siswa serta sanggup diselidiki oleh siswa kepada dilema yang autentik ini sanggup berupa cerita, penyajian fenomena tertentu, atau mendemontrasikan suatu insiden yang mengundang munculnya permasalahan atau pertanyaan. Mendemonstrasikan kejadian-kejadian yang memunculkan konfliks kognitif diyakini sangat baik untuk mengorientasikan siswa kepada dilema ini.
2. Berfokus pada keterkaitan antar disiplin. Meskipun PBI berpusat pada pelajaran tertentu, contohnya biologi, dilema yang dipilih benar-benar faktual supaya dalam pemecahannya, siswa sanggup meninjau dari menyebarkan mata pelajaran yang lain. Sebagai pola dilema polusi pada pola di atas, meliputi aspek akademis dan terapan mata pelajaran ekonomi sosiologi, parawisata, dll. Begitu pula pada dilema menyajikan makanan untuk kakek, melibatkan biologi, kesehatan, kimia dan sebagainya.
3. Penyelidikan autentik. PBI mengharuskan siswa melaksanakan penyelidikan autentik untuk mencari penyelesaian faktual terhadap dilema nyata. Mereka menganalisis dan mendefinisikan masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan dan menganalisis informasi/data, melaksanakan percobaan, membuat inferensi dan merumuskan simpulan. Metode yang dipakai sangat bergantung kepada dilema yang sedang dipelajari.
4. Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya. PBI menuntut siswa untuk menghasilkan produk tertentu dalam bentuk karya faktual atau artifak dan memamerkan. Karya tersebut sanggup berupa rekaman debat, laporan, model fisik, video dan aktivitas komputer.
Tujuan Model Pembelajaran Problem Based Intructional (PBI)
PBI utamanya dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan dilema dan keterampilan intelektual, berguru menyebarkan kiprah orang cukup umur dengan melibatkan mereka dalam pengalaman faktual atau simulasi. PBI juga membuat siswa menjadi pembelajar yang otonom, mandiri. Secara terinci tujuan PBI yaitu sebagai berikut :
1. Keterampilan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah. Kerjasama yang dilakukan dalam PBI, mendorong munculnya menyebarkan keterampilan inkuiri dan obrolan dengan demikian akan berkembang keterampilan sosial dan berpikir.
2. Permodelan Peranan Orang Dewasa
3. Pembelajar Otonom dan Mandiri
Sintaks Model Pembelajaran Problem Based Intructional (PBI)
PBI terdiri dari lima tahap utama, yang dimulai dengan guru mengorientasikan siswa kepada situasi dilema yang autentik dan diakhiri dengan penyajian karya. Jika jangkauan masalahnya sedang-sedang saja, kelima tahapan tersebut sanggup diselesaikan dalam dua hingga tiga kali pertemuan. Namun dilema yang kompleks mungkin akan membutuhkan setahun penuh untuk menyelesaikannya.
Tabel 1 Sintaks Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Tahap | Tingkah Laku Guru |
Tahap-1 Orientasi siswa kepada masalah | Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, Menjelaskan logistic yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau demonstrasi atau dongeng untuk memunculkan masalah, memotivasi siswa untuk terlibat dalam pemecahan dilema yang dipilihnya |
Tahap-2 Mengorganisasi siswa untuk belajar | Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan kiprah berguru yang bekerjasama dengan dilema tersebut |
Tahap-3 Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok | Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen, untuk mendapat klarifikasi dan pemecahan masalah |
Tahap-4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya | Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai ibarat laporan, video, dan model dan membantu mereka untuk menyebarkan kiprah dengan temannya |
Tahap-5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah | Guru membantu siswa untuk melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan |