-->

Paket Lengkap Diglosia Bahasa Dalam Pelayanan Obat Di Apotek Siti Hadjar Pku Muhammadiyah Tegal


Abstract: Proses komunikasi dalam pelayanan kefarmasian yang melibatkan penutur dan mitra tutur merupakan program bahasa yang masuk pada ranah sosiolinguistik.Peristiwakontak bahasa yang dilakukan penutur dan mitra tutur pada pelayanan diapotek tidak sanggup lepas dari diglosia bahasa. Adapun tujuan penelitian adalah    untuk mengetahui diglosia bahasa dalam swamedika di apotek Siti Hadjar PKU MuhammadiyahTegal. Metode penelitian ini menggunakan metode  penelitian kualitatif deskriptif. Proses analisis yaitu:  reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan tamat (conclusion). Hasil penelitian berdasarkan Data 1  adalahKata-kata yang digunakan oleh pelayan disampaikan dengan instruksi etik yang normatif. Jawaban ibu pembeli bukan menggunakan bahasa Indonesia ibarat yang disampaikan pelayan, tetapi menggunakan bahasa kromo inggil yang dalam bahasa jawa mempunyai kedudukan tertinggi. Data 2, tidak ada ragam T atau ragam R, ini sebab yaitu seumuran atau dalam pelayanan si Pelayan menawarkan secara biasa, singkat, dan datar sehingga pembeli pun menjawab dengan singkat dan biasa. Data 3, dalam percakapannya menunjukan pelayan menjelaskan secara detail, sabar dan komunikatif. Kata-kata sapaan diungkapkan berkali-kali, menawarkan mengakui keberadaan lawan bicara
Penulis: Ahmad Sunardi, Agus Susanto
Kode Jurnal: jpfarmasidd180170

Sumber https://fisikamilenial.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel