-->

Paket Lengkap Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi Di Apotek “X”


Abstrak: Pelayanan  kefarmasian merupakan pelayanan  kesehatan yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan bermutu, dimana apoteker sebagai  bagian  dari tenaga  kesehatan  mempunyai  tugas  dan  tanggung jawab  dalam  mewujudkan pelayanan kefarmasian yang berkualitas. Tujuan pada penelitian ini yakni untuk mengetahui kepuasaan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek “X” Jl.Kuripan berdasarkan 5 dimensi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Penelitian ini bersifat deskriptif dimana penelitian ini akan menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek “X” dan faktor-faktor yang harus diperhatikan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Populasi yakni semua pasien yang berkunjung di Apotek “X”. Sampel penelitian ini yakni semua pasien yang membeli obat dengan resep di Apotek “X” yang berjumlah sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan perhitungan persentase tiap akibat yang diberikan oleh responden. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, mampu dilihat tingkat kepuasan pasien untuk setiap butir pertanyaan pada masing-masing dimensi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka mampu disimpulkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek “X” berkualitas cukup memuaskan dan faktor yang menghipnotis kepuasan pasien pada dimensi reliability yakni kepastian aktivitas pelayanan, kecepatan dan ketanggapan petugas dalam pelayanan, dimensi responsiveness yakni kepastian lama pengerjaan resep, respon petugas apotek terhadap keluhan/pertanyaan pasien, dimensi assurance yakni kualitas dan mutu obat yang diberikan, pemberian informasi obat yang lengkap dan jelas, pengetahuan petugas apotek perihal obat, dimensi emphaty yakni keramahan dan kesopanan petugas apotek, kesediaan petugas apotek dalam meminta maaf kepada pasien, dan dimensi tangibles yakni sarana dan prasana apotek, penampilan petugas apotek.
Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Pelayanan kefarmasian, Apotek “X”
Penulis: Ratih Pratiwi Sari
Kode Jurnal: jpfarmasidd170277

Sumber https://fisikamilenial.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel