-->

Struktur Kurikulum Smp 2013, Kd Ppkn Dan Mata Pelajaran Lainnya Pada Smp Mts Menurut Kurikulum 2013

Untuk membantu rekan-rekan guru Sekolah Menengah Pertama dan MTs dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam upload kali ini saya tuliskan Struktur Kurikulum 2013 dan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran PPKn, dan mata pelajaran lainnya beserta Dokumen Kurikulum 2013

A.   STRUKTUR KURIKULUM 2013

MATA PELAJARAN
Alokasi Belajar Perminggu
VII
VIII
IX
Kelompok A



1
Pendidikan Agama
3
3
3
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3
3
3
3
Bahasa Indonesia
6
6
6
4
Matematika
5
5
5
5
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
5
5
5
6
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
4
4
4
7
Bahasa Inggris
4
4
4
Kelompok B



8
Seni Budaya (termasuk muatan Lokal)
3
3
3
9
Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
3
3
3
10
Prakarya (termasuk muatan Lokal)
2
2
2
Jumlah Alokasi Waktu Perminggu
38
38
38


B.  KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN PPKn PADA KURIKULUM 2013

KELAS VII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
1.1  Menghargai sikap beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia  dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
2.    Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 
2.1    Menunjukkan semangat dan akad kebangsaan menyerupai yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.2  Menunjukan sikap sesuai norma-norma dalam  berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3    Menunjukkan sikap toleranterhadap  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
2.4    Menunjukkan  semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami kawasan tempat tinggalnya sebagai bab yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1  Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara 
3.2 Memahami sejarah perumusan dan legalisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
3.3    Memahami isi  alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945  
3.4 Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5 Memahami  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
3.6    Memahami pengertian dan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)
3.7  Memahami karakteristik kawasan tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1  Menyajikan goresan pena singkat perihal “sejarah dan semagat akad para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2    Menyajikan goresan pena singkat perihal sejarah perumusan dan legalisasi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
4.3    Membuat kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyajikan hasil pengamatan perihal norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5    Berinteraksi dengan teman dan orang lain menurut prinsip saling menghormati, dan menghargai  dalam keberagaman yang dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6    Menampilkan sikap kebersatuan dalam  keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai  Bhinneka Tunggal Ika
4.7    Menyajikan  karakteristik kawasan tempat tinggalnya sebagai bab utuh dari NKRI


KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
1.1  Menghargai sikap beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan Negara
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Menunjukkan semangat dan akad kebangsaan menyerupai yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2.2    Menunjukkan semangatkebangsaan dan kebernegaraan menyerupai yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam dalam menetapkan UUD1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
2.3    Menunjukkan sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar 
2.4    Menghargai semangat dan akad sumpah cowok dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh cowok pada ketika mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5    Menghargai semangat dan akad persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1    Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2  Menjelaskan lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3  Mendiskusikan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
3.4  Membedakan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.5  Memahami hak asasi insan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.6    Mendeskripsikan makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
3.7    Mendiskusikan unsur-unsur Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membacamenghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2    Menyajikan hubungan fungsi antar lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3    Melaksanakan kewajiban sesuai  peraturan perundang-undangan dalam kehidupan sehari-hari 
4.4  Melaksanakan hasil pengamatan perihal norma, dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat Indonesia
4.5 Mengamati dan melaksanakan kewajiban asasi insan sebagaimana diatur Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.6 Mengamati dan melaksanakan kerjasama dalam masyarakat yang bermacam-macam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
4.7 Mengamati dan menyajikan unsur-unsur NKRI sebagai satu kesatuan yang utuh

KELAS IX

KOMPETENSI INTI
KOMPETENSI DASAR
1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
1.1    Menghayati sikap beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan antar bangsa
2.   Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1  Menunjukkan penghargaan terhadap  keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa
2.2  Menghargai aturan yang berlaku dalam masyarakat sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.3    Menunjukkan sikap toleransi dan harmoni keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia
2.4 Meneladani semangat dan akad sumpah cowok sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh cowok pada ketika mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5    Menghayati semangat dan akad persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI 
3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata
3.1  Menelaah dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2  Menelaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3  Menelaah norma aturan dan sistem penegakkan aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.4  Mengemukakan perbedaan  baik dan jelek dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila
3.5  Memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman masyarakat 
3.6  Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membacamenghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1  Menyajikan dan melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan jaman
4.2  Menyajikan goresan pena perihal pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3  Melaksanakan kewajiban dan menegakkan aturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
4.4  Menampilkan pola sikap, tutur kata, dan sikap yang baik, sesuai dengan kandungan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di masyarakat, bangsa dan negara
4.5    Merumuskan dan mengemukakan ide,gagasanpenyelesaian persoalan yang muncul dalam keberagaman masyarakat
4.6    Menampilkan kajian dinamika penguatan akad mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan


BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN LAINNYA KHUSUS UNTUK Sekolah Menengah Pertama DAN MTS DAPAT DIDOWNLOAD DI SINI.

SEDANGKAN BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN DOKUMEN KURIKULUM 2013 DAPAT DI DOWNLOAD DISINI.
http://www.ziddu.com/download/21755890/DOKUMENKURIKULUM2013.pdf.html 

Terima Kasih, semogan Bermanfaat

================================================================






= Baca Juga =



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel