-->

Sarana Dan Prasarana Sekolah


Prasarana berkaitan dengan alat yang tidak eksklusif untuk mencapai tujuan dalam  pendidikan . contohnya : lokasi/tempat, bangunan  sekolah,lapangan  olahraga,  uang  dan sebagainya. Sedangkan sarana berarti  alat langsung  untuk mencapai  tujuan  pendidikan misalnya;  Ruang,  Buku, Perpustakaan, Laboratorium dan sebagainya. 


Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana  pendidikan terdiri dari 3 (tiga)  kelompok besar  yaitu :
a.  Bangunan dan perabot sekolah,
b. Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga dan laboratorium.
c.  Media pendidikan yang sanggup di kelompokkan menjadi  audiovisual  yang  menggunakan  alat penampil dan media yang tidak menggunaakan alat penampil.

Adapun  macam-macam  sarana  dan  prasarana  yang di perlukan di sekolah  demi kelancaran  dan keberhasilan  acara proses  pendidikan sekolah adalah:
a.  Ruang kelas : daerah siswa dan guru melakukan proses acara mencar ilmu mengajar.
b. Ruang perpustakaan: daerah koleksi berbagai  jenis bacaan bagi siswa dandari sinilah siswa sanggup menambah pengetahuan.
c.  Ruang laboratorium (tempat praktek): daerah siswa membuatkan pengetahuan perilaku dan keterampilan  serta  tempat    meneliti  dengan memakai media yang ada untuk  memecahkan suatu persoalan atau konsep pengetahuan .
d. Ruang    keterampilan  adalah  tempat  siswa melaksanakan  latihan mengenai keterampilan tertentu.
e.  Ruang kesenian: ialah daerah berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
f.  Fasilitas  olah  raga:  tempat  berlangsungnya latihan-latihan olah-raga.
3. Komponen-komponen sarana dan prasarana pendidikan
a.  Lahan
Lahan yang di perlukan untuk mendirikan sekolah harus  di  sertai  dengantanda  bukti    kepemilikan yang  sah  dan  lengkap  (sertifikat),  adapun  jenis lahantersebut harus  memenuhi   beberapa kriteria antara lain :a Lahan terbangun ialah lahan yang diatasnya berisi bangunan ,b Lahan terbuka ialah lahan yang belum ada bangunan diatasnya.
1) Lahan acara praktek ialah lahan yang di gunakan untuk pelaksanaan acara praktek
2) Lahan pengembangan ialah lahan yang di butuhkan  untuk  pengembangan bangunan dan acara praktek.Lokasi sekolah  harus berada di wilayah pemukiman yang sesuai dengancakupan wilayah sehingga gampang di jangkau dan kondusif dari gangguan petaka dan lingkungan yang kurang baik. 
b. Ruang
Secara umum jenis ruang di tinjau dari fungsinya sanggup di kelompokkan dalam:
1) Ruang  pendidikan
Ruang  pendidikan    berfungsi    untuk menampung proses kegiatan  mencar ilmu mengajar teori   dan praktek antara lain :
a) Ruang teori sejumlah rombel        
b) Ruang  perpustakaaan
c) Ruang Laaboratorium                  
d) Ruang  kesenian
e) Ruang Olah raga                           
f) Ruang  keterampilan
2) Ruang  administrasi
Ruang  Administrasi  berfungsi  untuk melakukan banyak sekali acara kantor,  yang terdiri dari:
a) Ruang  kepala  sekolah                    
b) Ruang  tata  usaha
c) Ruang  guru                                 
d)  Gudang
3) Ruang  penunjang
Ruang  penunjang berfungsi untuk menunjang  kegiatan  yang  mendukung  proses  kegiatan  belajar  mengajar  antara lain :
a)  Ruang Ibadah                          
b)  Ruang serbaguna
c) Ruang  koperasi  sekolah                 
d) Ruang UKS
e) Ruang OSIS
f) Ruang WC/ kamar mandi
g) Ruang  BP
c.  Perabot
Secara umum  perabot sekolah mendukung  3 (tiga) fungsi yaitu : fungsi pendidikan, fungsi administrasi, fungsi  penunjang.    Jenis  perabot  sekolah  dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:
1) Perabot pendidikan
Perabot pendidikan ialah semua jenis mebel yang di gunakan  untuk  proses  kegiatan   belajar  mengajar.  Adapun Jenis, bentuk dan ukurannya mengacu pada acara itu sendiri.
2)  Perabot  administrasi
Perabot manajemen adalah  perabot yang di gunakan untuk mendukung acara kantor. Jenis perabot ini  banyak sekali ragam dan jenisnya.
3) Perabot penunjang
Perabot  penunjang  adalah  perabot yang dipakai atau di  butuhkan  dalam ruang  penunjang,  seperti    perabot  perpustakaan, perabot UKS, perabot OSIS dan sebagainya.

d. Alat  dan  media pendidikan
Setiap  mata  pelajaran  sekurang-kurangnya  memiliki  satu jenis alat peraga praktek yang sesuai  dengan keperluan pendidikan dan pembelajaran,sehingga dengan  demikian  proses  pembelajaran  tersebut akan berjalan dengan optimal.
1) Buku atau materi pembelajaran
Bahan pembelajaran ialah sekumpulan materi pelajaran yang di gunakan dalam acara proses mencar ilmu mengajar.
2) Buku pegangan
Buku  pegangan  di gunakan oleh guru dan penerima didik sebagai pola dalam pembelajaran yang bersifat  Normatif, adaptif dan produktif.
3) Buku aksesori
Buku ini di gunakan oleh guru  untuk memperluas dan memperdalam penguasaan materi.
4) Buku  sumber
Buku ini sanggup di gunakan oleh guru dan penerima didik untuk memperoleh kejelasan  informasi  mengenai suatu  bidang ilmu / keterampilan.
5) Buku bacaan

Buku ini sanggup di gunakan oleh guru dan penerima didik sebagai materi bacaan  tambahan (non fiksi) untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta sebagai materi bacaan (fiksi ) yang bersifat relatif.  



======================================





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel