Sarana Dan Prasarana Sekolah
5:39 AM
Edit
Prasarana berkaitan dengan alat yang tidak eksklusif untuk mencapai tujuan dalam pendidikan . contohnya : lokasi/tempat, bangunan sekolah,lapangan olahraga, uang dan sebagainya. Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dan sebagainya.
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
a. Bangunan dan perabot sekolah,
b. Alat pelajaran yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga dan laboratorium.
c. Media pendidikan yang sanggup di kelompokkan menjadi audiovisual yang menggunakan alat penampil dan media yang tidak menggunaakan alat penampil.
Adapun macam-macam sarana dan prasarana yang di perlukan di sekolah demi kelancaran dan keberhasilan acara proses pendidikan sekolah adalah:
a. Ruang kelas : daerah siswa dan guru melakukan proses acara mencar ilmu mengajar.
b. Ruang perpustakaan: daerah koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dandari sinilah siswa sanggup menambah pengetahuan.
c. Ruang laboratorium (tempat praktek): daerah siswa membuatkan pengetahuan perilaku dan keterampilan serta tempat meneliti dengan memakai media yang ada untuk memecahkan suatu persoalan atau konsep pengetahuan .
d. Ruang keterampilan adalah tempat siswa melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
e. Ruang kesenian: ialah daerah berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
f. Fasilitas olah raga: tempat berlangsungnya latihan-latihan olah-raga.
3. Komponen-komponen sarana dan prasarana pendidikan
a. Lahan
Lahan yang di perlukan untuk mendirikan sekolah harus di sertai dengantanda bukti kepemilikan yang sah dan lengkap (sertifikat), adapun jenis lahantersebut harus memenuhi beberapa kriteria antara lain :a Lahan terbangun ialah lahan yang diatasnya berisi bangunan ,b Lahan terbuka ialah lahan yang belum ada bangunan diatasnya.
1) Lahan acara praktek ialah lahan yang di gunakan untuk pelaksanaan acara praktek
2) Lahan pengembangan ialah lahan yang di butuhkan untuk pengembangan bangunan dan acara praktek.Lokasi sekolah harus berada di wilayah pemukiman yang sesuai dengancakupan wilayah sehingga gampang di jangkau dan kondusif dari gangguan petaka dan lingkungan yang kurang baik.
b. Ruang
Secara umum jenis ruang di tinjau dari fungsinya sanggup di kelompokkan dalam:
1) Ruang pendidikan
Ruang pendidikan berfungsi untuk menampung proses kegiatan mencar ilmu mengajar teori dan praktek antara lain :
a) Ruang teori sejumlah rombel
b) Ruang perpustakaaan
c) Ruang Laaboratorium
d) Ruang kesenian
e) Ruang Olah raga
f) Ruang keterampilan
2) Ruang administrasi
Ruang Administrasi berfungsi untuk melakukan banyak sekali acara kantor, yang terdiri dari:
a) Ruang kepala sekolah
b) Ruang tata usaha
c) Ruang guru
d) Gudang
3) Ruang penunjang
Ruang penunjang berfungsi untuk menunjang kegiatan yang mendukung proses kegiatan belajar mengajar antara lain :
a) Ruang Ibadah
b) Ruang serbaguna
c) Ruang koperasi sekolah
d) Ruang UKS
e) Ruang OSIS
f) Ruang WC/ kamar mandi
g) Ruang BP
c. Perabot
Secara umum perabot sekolah mendukung 3 (tiga) fungsi yaitu : fungsi pendidikan, fungsi administrasi, fungsi penunjang. Jenis perabot sekolah dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:
1) Perabot pendidikan
Perabot pendidikan ialah semua jenis mebel yang di gunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar. Adapun Jenis, bentuk dan ukurannya mengacu pada acara itu sendiri.
2) Perabot administrasi
Perabot manajemen adalah perabot yang di gunakan untuk mendukung acara kantor. Jenis perabot ini banyak sekali ragam dan jenisnya.
3) Perabot penunjang
Perabot penunjang adalah perabot yang dipakai atau di butuhkan dalam ruang penunjang, seperti perabot perpustakaan, perabot UKS, perabot OSIS dan sebagainya.
d. Alat dan media pendidikan
Setiap mata pelajaran sekurang-kurangnya memiliki satu jenis alat peraga praktek yang sesuai dengan keperluan pendidikan dan pembelajaran,sehingga dengan demikian proses pembelajaran tersebut akan berjalan dengan optimal.
1) Buku atau materi pembelajaran
Bahan pembelajaran ialah sekumpulan materi pelajaran yang di gunakan dalam acara proses mencar ilmu mengajar.
2) Buku pegangan
Buku pegangan di gunakan oleh guru dan penerima didik sebagai pola dalam pembelajaran yang bersifat Normatif, adaptif dan produktif.
3) Buku aksesori
Buku ini di gunakan oleh guru untuk memperluas dan memperdalam penguasaan materi.
4) Buku sumber
Buku ini sanggup di gunakan oleh guru dan penerima didik untuk memperoleh kejelasan informasi mengenai suatu bidang ilmu / keterampilan.
5) Buku bacaan
Buku ini sanggup di gunakan oleh guru dan penerima didik sebagai materi bacaan tambahan (non fiksi) untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta sebagai materi bacaan (fiksi ) yang bersifat relatif.
======================================