Paket Lengkap Ideologi Teks Dalam Iklan Produk Tolak Angin Sidomuncul (Suatu Kajian Perihal Kritis)
7:42 AM
Edit
Abstract: Media komunikasi melalui iklan ditelevisi swasta merupakan kekuatan bahasa dalam memasarkan produk. Bahasa iklan yang sering didengar, dilihat oleh masyarakat mampu menghipnotis menonton, oleh sebab yakni itu teks bahasa dalam iklan menarik untuk dikaji melalui analisis wacana.Tujuan penelitian ini yakni Untuk memperoleh pemahaman yang mendalam ihwal ideologi dalam teks iklan dan pengaruhnya terhadap praktik perihal dan publik. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan teori Fairclough yakni kajian perihal melalui tahap; 1) Deskripsi; 2) Interpreasi; 3) Ekspanasi. Hasil penelitian pertanda bahwa bahasa iklan obat herbal Tolak Angin Sidomuncul mempunyai kekuatan untuk menghipnotis konsumen sebab yakni kata-katanya simpel diingat, mengena, dan simpel dipahami. Jargon atau slogan yang digunakan oleh produk “Tolak angin Sidomuncul” telah menjadi cirri khas dari perusahaan Sidomuncul. Menunjukkan ideologi yakni mencari keuntungan sebanyakbanyaknya melalui persaingan untuk merebut pasaran.
Kata Kunci: Ideologi teks, Bahasa Iklan, Iklan Televisi
Penulis: Ahmad Sunardi
Kode Jurnal: jpfarmasidd170434
Sumber https://fisikamilenial.blogspot.com/