-->

Paket Lengkap Analisis Kepuasan Pelayanan Obat Pada Pasien Di Puskesmas Berstandar Iso 9001:2008 Di Donggala Kecamatan Banawa


Abstrak: Puskesmas yakni unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Penelitian ini bertujuan mengetahui relasi antara pelayanan obat dengan tingkat kepuasan pasien di Apotek Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa dan mengetahui tingkat kepuasan dan keinginan pasien yang diukur memakai metode IPA (Importance Performance Analysis) terhadap lima dimensi pelayanan di Apotek Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa. Penelitian ini dilaksanakan di Apotek Puskesmas Donggala Kecamatan Banawa pada bulan September 2016 sampai Desember 2016 melalui pengambilan sampel purposive sampling memakai instrumen kuesioner yang memakai skala Likert. Kepuasan pasien diukur memakai 5 dimensi pelayanan yaitu tangible (bukti fisik), relibility (keandalan), responsiveness (tanggapan), assurance (jaminan), dan emphaty (empati) kemudian dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian dari 151 responden dengan rata-rata nilai kesenjangan (GAP) yaitu -0,82 dengan tingkat kesesuaian 80,87% dan indikator yang terpetakan dalam diagram kartesius terbanyak yaitu pada kuadran A yang dimana kualitas pelayanan harus diperhatikan dan diperbaiki. Ini mengatakan bahwa kepuasan pasien puskesmas Donggala masih kurang puas dan masih berada di bawah keinginan pasien.
Kata Kunci: Patient satisfaction, importance performancde analysis, gap
Penulis: Sri Ayu Noviyanti, Alwiyah Mukaddas, Muhamad Rinaldhi Tandah
Kode Jurnal: jpfarmasidd170404

Sumber https://fisikamilenial.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel