Langkah-Langkah Perhitungan Anova Dua Jalan 2X2 Dengan Spss
2:45 PM
Edit
Buku aktivitas SPSS
Masukan data di atas menyerupai teladan berikut ini
Caranya input data pada lembaran/sheet data view, Sedangkan nama variabel menyerupai Nilai, FaktorA dan Faktor B pada lembaran/sheet variabel view pada kolom name, kolom yang lain dibiarkan saja kecuali variabel decimal boleh diganti sesuai dengan data yang kita inginkan, contohnya 2 atau 3 decimal dibelakang koma.
Selnjutnya Klik ANALIS -> GENERAL LINEAR MODEL -> UNIVARIATE
Pada kotak obrolan isi
Kolom dependen dengan variabel NILAI
Kolom Fixed Factorial dengan FaktorA dan FaktorB
Lihat contoh:
Sumber Varian | SS | Dk | MS | F HITUNG | F TABEL |
Faktor A | 26.450 | 1 | 26.450 | 21.160 | 4.493 |
Faktor B | 0.050 | 1 | 0.050 | 0.040 | 4.493 |
Faktor AB | 0.050 | 1 | 0.050 | 0.040 | 4.493 |
Inter | 20.000 | 16 | 1.250 | ||
Contoh Analisis
Ho = Tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang mencar ilmu dengan memakai metode diskusi dan media Lomba Kompetensi Siswa dengan siswa yang tidak memakai metode diskusi dan media LKS.
Ha = Terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang mencar ilmu dengan memakai metode diskusi dan media Lomba Kompetensi Siswa dengan siswa yang tidak memakai metode diskusi dan media LKS.
Ketentuan Uji : bila F hitung lebih kecil atau sama dengan F tabel maka H0 diterima
Berdasarkan data tersebut di atas diketahui bahwa Fhitung = 0.040 sedangkan Ftabel=4.493 dengan demikian Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang mencar ilmu dengan memakai metode diskusi dan media Lomba Kompetensi Siswa dengan siswa yang tidak memakai metode diskusi dan media LKS.
Contoh 2
Ho = Tidak terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang mencar ilmu dengan memakai metode diskusi dengan siswa yang tidak memakai metode diskusi.
Ha = Terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang mencar ilmu dengan memakai metode diskusi dengan siswa yang tidak memakai metode diskusi.
Berdasarkan data di atas F hitung = 21.160 dengan demikian Ho ditolak atau Ha diterima dengan demikian terdapat perbedaan prestasi yang berarti antara siswa yang mencar ilmu dengan memakai metode diskusi dengan siswa yang tidak memakai metode diskusi.
=============================================================