Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)
7:56 AM
Edit
· Halaman judul
· Halaman Pengesahan
Minimal yang harus mengesahkan karya tulis ilmiah hasil penelitian ini ialah kepala sekolah dan kepala kepingan perpustakaan sekolah yang bersangkutan.
· Abstrak
Pada kepingan ini dituliskan dengan ringkas dan terang hal-hal pokok perihal (a) permasalahan khususnya rumusan masalah, (b) tujuan penelitian, (c) mekanisme pelaksanaan PTk dan (d) hasil penelitian .
· Kata Pengantar
· Daftar Isi dan lampiran-lampiran
BAGIAN ISI:
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang (diskripsi masalah, data awal yang mendukung adanya dilema dan akar timbulnya dilema dengan menunjukkan pada lokasi penelitian dan waktu serta klarifikasi pentingnya dilema itu dipecahkan;
B. Rumusan Masalah (diharapkan kalimat Tanya);
C. Tujuan Penelitian; (sesuaikan dengan rumusan masalah)
D. Manfaat Penelitian; (sesuaikan dengan apa yang direncanakan pada proposal, namun peneliti sanggup mengembangkan)
BAB II : LANDASAN TEORI
Kemukakan teori dan pustaka yang relevan, dan memberi arah serta petunjuk pada pelaksanaan PTK. Diperlukan adanya perjuangan untuk membangun argumentasi teoritis yang menunjukkan bahwa tindakan yang diberikan dimungkinkan sanggup meningkatkan mutu proses pembelajaran di klas. Pada selesai kepingan ini sanggup ikemukakan hipotesis tindakan. Uraian pada kepingan ini harus lebih lengkap dan rinci dibanding dengan uraian yang ada pada kepingan yang sama di usulan penelitian.
BAB III : METODE PENELITIAN
Deskripsikan tiap siklus penelitian yang memuat: rencana, pelaksanaan/tindakan, pemantauan dan penilaian beserta jenis instrument yang digunakan, dan cara refleksi. (perlu dibedakan pada usulan, isi apa yang akan dilaksanakan, sedang pada laporan berisi apa yang sudah dilaksanakan). Pada tiap siklus harus dikemukakan tindakan secara jelas, serta semua jenis instrumen yang dipakai untuk pengumpulan data. Tindakan yang dilakukan bersifat rasional, feasible serta collaborative.
BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Menyajikan uraian masing-masing siklus dengan data lengkap, menyangkut banyak sekali aspek yang terjadi jawaban tindakan yang dilakukan. Tunjukkan adanya perbedaan tindakan dengan acara pelajaran yang biasa atau sering dilakukan. Pada refleksi diakhir setiap siklus berisi klarifikasi perihal aspek keberhasilan grafik, dan kelemahan yang terjadi. Kemukakan ada perubahan/ kemajuan/ perbaikan yang terjadi pada diri siswa, lingkungan kelas, guru sendiri, motivasi/minat belajar, dan hasil belajar. Kemukakan hasil dari keseluruhan siklus ke dalam ringkasan untuk materi dasar analisis dan pembahasan. Bahan/data tersebut ditulis dalam bentuk tabel atau denah sehingga akan memperjelas adanya perubahan yang terjadi disertai pembahasan secara sistematik dan jelas.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Sajikan simpulan hasil penelitian (potret kemajuan) sesuai dengan tujuan/masalah penelitian yang telah disampaikan sebelumnya. Berikan saran tindak lanjut menurut simpulan yang diperoleh baik yang menyengkut segi nyata maupun negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
Memuat semua sumber pustaka yang digunakan dalam penelitian dengan memakai system yang telah dibakukan secara konsisten.
Lampiran-lampiran:
Berisi rancangan materi/bahan ajar, semua instrument penelitian, sampel jawaban siswa, dokumen/foto kegiatan, ijin penelitian, serta bukti lain yang dipandang perlu.