Model Pembelajaran Kooperatif Tife Number Head Together
12:16 PM
Edit
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBER HEAD TOGETHER |
Salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif ialah MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE NUMBER HEAD TOGETHER. Teknik Belajar Number head together (NHT) dikembangkan oleh Spencer Kagan (1992).
- Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok menerima nomor.
- Guru menunjukkan kiprah dan masing-masing kelompok mengerjakannya
- Kelompok mendiskusikan tanggapan yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok sanggup mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
- Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
- Tanggapan dari teman yang lain, lalu guru menunjuk nomor yang lain.
- Kesimpulan. (Indrawati, 2007)
Penjelasan tipe ini, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap anggota kelompok diberi nomor kepala. Selanjutnya di setiap kelompok dilakukan diskusi untuk menjawab permasalahan atau untuk melaksanakan suatu kegiatan. Dari hasil acara tersebut guru mengundi nama kelompok dan nomor anggota kelompok yang harus menjawab pertanyaan atau mempresentasikan kegiatan. Berkaitan dengan hal ini, maka setiap anggota kelompok dituntut untuk bekerja sama alasannya ialah tanggapan atau presentasi dari perwakilan anggota kelompok akan menjadi generalisasi kemampuan atau nilai kelompok.
Menurut Anita Lie (2002) mekanisme teknik number head together ialah ketika pemanggilan siswa untuk menjawab atau melaksanakan sesuatu yang dipanggil ialah nomor kepala dari salah satu kelompok secara acak. Hal ini akan menjadikan semua siswa harus siap. Dan penghargaan diberikan kalau tanggapan benar untuk nilai kelompok. Teknik ini menunjukkan kesempatan kepada semua siswa dalam kelompok untuk saling menunjukkan wangsit dan mempertimbangkan tanggapan yang paling tepat, mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kolaborasi mereka.